Hackathon Merdeka 2.0 Palembang

Baru聽saja kemarin saya mengikuti Hackathon Merdeka 2.0聽bersama dua kakak tingkat saya, Kak Reza dan Kak Faisal. Kami membentuk tim yang bernama Pempek Kerupuk. Nama Pempek Kerupuk dipilih setelah perdebatan yang cukup panjang hahaha 馃榾

Berbeda dengan Hackathon sebelumnya, Hackathon kali ini diselenggarakan serempak di 28 kota di Indonesia! Euforianya sangat terasa sekali. Begadang ngoding sendirian, udah biasa. Kali ini, kami聽ngoding bersama ribuan programmer dalam negeri untuk menyelesaikan masalah dalam negeri!

Sesuai dengan tema hackathon kali ini yaitu聽mengenai masalah data kependudukan, kami membuat solusi aplikasi pengingat kependudukan cerdas yang kami beri nama Lily.

Hackathon Merdeka Palembang. Tim Pempek Kerupuk ngoding di meja khusus (kiri-atas)
Hackathon Merdeka Palembang. Tim Pempek Kerupuk ngoding di meja khusus (kiri-atas)

Continue reading “Hackathon Merdeka 2.0 Palembang”

Cerita – Sidang Tugas Akhir II

Pada jurusan saya, kami harus melewati 3 sidang untuk lulus. Yang pertama adalah Sidang Tugas Akhir I atau sidang proposal, kemudian Sidang Tugas Akhir II atau sidang program, dan yang terakhir Sidang Komprehensif. Saya melaksanakan sidang TA 1 pada bulan Februari lalu. Butuh waktu 8 bulan bagi saya untuk dapat lanjut ke sidang TA 2. Hal ini juga ditanyakan oleh penguji, apa kendalanya kenapa bisa sampai聽butuh waktu 8 bulan, dan saya jawab karena saya gagal memanajemen waktu saya dan sibuk dengan pengerjaan proyek program lainnya. Juga saya terkendala di bagian dokumentasi dan desain diagram-diagram program saya. Well, saya sangat malas mengerjakan dokumentasi.

Saya juga sudah sangat lama tidak menulis di sini. Hampir setahun. Ini hiatus terparah sejak saya memulai blogging. Sebenarnya banyak yang saya ingin tulis dan ceritakan di sini, namun pada ujungnya saya tidak jadi menulisnya, dan cerita-cerita tersebut akhirnya hanya menjadi draft di otak saya saja. Sudah lama saya ingin menulis lagi, namun karena kesibukan hingga saya tidak sempat menulis di sini. Seharusnya, sesibuk apapun saya, saya harus bisa menyempatkan waktu untuk menulis, namun saya gagal. Ya, manajemen waktu saya sangat berantakan selama ini. Tentang hal ini tidak akan saya tulis di postingan kali ini. Di postingan ini saya akan bercerita tentang Sidang Tugas Akhir II saya.

Continue reading “Cerita – Sidang Tugas Akhir II”

Hello, there, again.

Hello, there.

Udah lama saya聽nulis. Tulisan terakhir tentang kulminasi, dan ternyata kulminasi nulis saya聽lama banget. Sebenernya, udah banyak banget ide-ide tulisan yang mau dibagi, udah banyak banget juga draft postingan yang cuma didiemin. Well, maafkan saya, wahai pembaca setia. (Emangnya ada pembaca setia blog ini?)

Oke, saya聽akuin mereka yang dengan segudang aktifitas tapi masih bisa sempet upload blog, adalah orang keren. Nulis blog is not easy as it’s seem. Dengan segala kesibukan kamu聽mulai dari pagi sampe malem, kamu聽bisa nyisain waktu dan memori otak kamu聽buat nulis cerita. Nulis cerita tidak聽mudah. Apalagi untuk amatiran kayak saya. Dan ke-tidak-mudah-an inilah yang menjadi salah satu alasan saya聽males nulis. Tidak mudah bagi saya聽untuk bagi waktu, tidak mudah untuk nulis cerita yang bagus, yang enak dibaca. Saya聽orangnya cenderung perfeksionis, jadi setiap kali nulis blog, tulisan itu bakalan saya聽baca berulang-ulang. Kalo misalnya enggak sreg, bisa-bisa ngulang nulis dari awal lagi. Dan ini udah sering terjadi. Akhirnya sekarang saya聽putusin untuk nge-blog apa adanya. Membiarkan jari ini menari di atas keyboard tanpa interupsi dari otak yang sok ingin perfeksionis ini.

Postingan terakhir ditulis pada bulan September dan sekarang sudah bulan November. Sudah hampir 2 bulan gak nulis, dan selama 2 bulan ini, banyak banget pengalaman yang berharga bagi diri saya. Mulai dari ke Jakarta untuk final Compfest dan ke Bangkok untuk pertukaran mahasiswa. Ya, saat ini saya聽di Bangkok, Thailand untuk menyelesaikan program tugas akhir saya. Sebenernya gak nyangka bisa dapet beasiswa buat belajar di negeri orang. Alhamdulillah.

Insya Allah cerita tentang studi saya di Bangkok akan dijelaskan lebih rinci di postingan yang akan datang. Sebelum itu, saya akan menyelesaikan utang postingan saya, antara lain cerita KP, cerita Compfest. Doakan saya untuk tetap semangat dan mengisi waktu dengan hal-hal positif.

Oke, itu saja untuk saat ini. Anggap saja ini save point untuk selanjutnya dapat lebih rajin nge-update blog.

Terima kasih.

Tentang Kulminasi

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahas Indonesia), kulminasi adalah :

kul路mi路na路si n 1 puncak tertinggi; tingkatan tertinggi; 2 titik tertinggi yg dicapai suatu benda langit dl peredaran (semunya) mengelilingi bumi (spt matahari mencapai titik kulminasi pukul 12.00);
atas titik tertinggi yg dapat dicapai oleh benda ruang angkasa;
bawah titik terendah yg dapat dicapai oleh benda ruang angkasa

Menurut KHAR (Kamus Hidup Arief Rahmansyah), kulminasi adalah :

kul路mi路na路si n 1 suatu keadaan dimana seorang Arief Rahmansyah berada pada titik jenuh (titik bosan);

Yap, sekarang saya sedang kulminasi.

Pertama kali mendengar istilah kulminasi ketika pelajaran Kimia pas SMA (kalo gak salah sih pas kelas 2, belajar tentang zat-zat gitu.. kalo gak salah :v). Tapi mulai dekatnya dengan si kulminasi setelah kuliah, setelah bertemu dengan Pak A, dosen Teknik Informatika. Beliau menyebutkan bahwa akan ada masa seorang programmer mengalami kulminasi. Kulminasi ngoding. And, he’s right.

Hampir setiap sebulan sekali saya mengalami kulminasi, seperti kulminasi nulis blog (kadang sampe berbulan-bulan), kulminasi ngerjain tugas (jadinya nungguin deadline, bahkan kadang-kadang ‘minta referensi’ dari teman wkwk), dan yang paling sering, yap, kulminasi ngoding. Pada masa kulminasi ngoding, saya males banget ngoding dan bakalan jarang banget nyelesain project kodingan yang gue mulai.

Sebenernya siklus kulminasi gue kayak gini : Semangat ngoding sampe selesai – Kulminasi ngoding – Semangat ngoding sampe selesai – Kulminasi ngoding – Semangat ngoding sampe selesai – (gitu terus muter-muter). Kulminasi ngoding nih bisa dibilang istirahat ngoding. Tapi seringnya pas kulminasi ngoding, gue ikutan males ngerjain hal-hal lain.

Oke, postingan kali ini sangat gaje. Sebenernya mau nulis bagaimana cara menghadapi dan mengalahkan kulminasi, tapi saya sendiri pun masih sulit menghadapi si kulminasi ini. Seringnya sih hilang sendiri hahahahahaa

Sudah ya, saya mau tidur -_-

Doain kulminasi kali ini cepat selesai. Banyak hal yang harus saya kerjakan dan selesaikan.

Hello, How’s Life?

Hello, how’s life?

Well, lagi-lagi hibernasi聽nge-blog. Selain karena banyak kerjaan juga karena memang sayanya yang pemalas. Niatnya kemaren-kemaren agar minimal 2 blog per bulan, tapi kenyataannya jauh banget dari ekspektasi. Dasar.

Sudah lama gak nge-blog, jadi lupa cara menulis blog yang baik, benar, dan enak dibaca. Kayaknya bahasa yang saya pake juga rada kaku deh. Well, harap dimaklumi.

Ternyata postingan聽terakhir saya di blog ini ditulis聽pada bulan Mei. Waw. Udah hampir 4 bulan hibernasi. Kemana aja saya聽selama 4 bulan ini? Ya, kemana saja saya?

Oke, saya coba review sedikit ya.

Mei

  1. Ujian Akhir Semester
  2. Perkuliahan Semester 6 saya berakhir dengan IPK yang masih berjuang menuju聽cum-laude. Tolong selalu doakan saya, karena memang perjuangan ini tidak mudah…

Juni

  1. Alhamdulillah, Alpro Studio menjuarai lomba pembuatan game yang diselenggarakan oleh STMIK MDP.
  2. Perjalanan ke Lahat. Ceritanya Kampus saya bekerja sama dengan Pemerintahan Kabupaten Lahat mengadakan seleksi penerimaan Siswa SMA Baru dengan sistem baru yang lebih IT gitu. Well, ada beberapa masalah juga sih hahaha (my bad) dan yang jelas dapet banyak pelajaran hidup.
  3. Pencarian tempat Kerja Praktik akhirnya berakhir juga. Oke, cerita tentang KP akan ditulis lebih rinci di postingan yang akan datang. Insya Allah.

Juli

  1. Touchdown Pulau Jawa. Touchdown Bandung. Touchdown Jakarta. hehe
  2. Kerja Praktik akhirnya dimulai. Saya KP di Bandung, PT. ValueStream International.
  3. Selama di Bandung tambah banyak lagi pelajaran hidup. “Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustai, Rif?”
  4. Puasa pertama jauh dari Rumah dan Keluarga.

Agustus

  1. Lebaran pertama jauh dari Rumah dan Keluarga. Ya, lebaran tahun 2014 saya tidak pulang ke Palembang dan stay di kosan saya di Bandung.
  2. Finally, KP selesai.
  3. Kembali lagi ke Palembang, semester baru dimulai.

September

Semester 7, tahun terakhir dalam bagian hidup perkuliahan saya telah dimulai. Sudah mendaftar Tugas Akhir, sudah mendapatkan pembimbing, Alhamdulillah. Selanjutnya harus tetap fokus. Masih banyak hal yang masih harus dilakukan di semester ini.

Secara garis besar, selama 4 bulan hibernasi dari blog ini, hidup saya berjalan lancar dan saya masih dikelilingi oleh orang-orang yang saya cintai dan mencintai saya hehe. Oh ya, saya juga bertemu dengan orang-orang hebat selama kerja praktek dan saya semakin merasa cupu, tapi itu bukan alasan untuk terus merasa kecil. Kita harus bisa mengalahkan rasa intimidasi dan ketakutan dalam diri kita, bukan?

Kabar gembira lainnya adalah saya diterima dalam program beasiswa pertukaran Mahasiswa di salah satu Universitas di ASEAN. Bismillahirahmaanirahiim. Semoga semuanya berjalan lancar.

Oke, saya rasa itu saja sapaan saya setelah lama gak nge-blog. Doakan saya untuk tetap semangat dan setia menulis. Menulis blog, menulis laporan, menulis tugas, dan menulis skripsi.

Terima kasih!

1611530090525

And hello, how’s about your life?

Paku di Pagar : Kisah Ayah yang Bijak dan Anak yang Pemarah

Halo, sudah lama nih gak ngeblog. Sebenarnya banyak yang mau ditulis, tapi selalu aja batal dan ujung-ujungnya numpuk di draft hehe. (Sok) sibuk sih yang punya blog ini :s

Well, cerita yang mau di-share ini sebenarnya copas dari internet. Awalnya dapet cerita ini dari PC di Lab Citra, coba-coba聽googling di internet dan ternyata cerita ini sudah banyak bergelimpangan di google. Karena masih malas buat blogging jadinya copas aja :s Oke, monggo dibaca dan dihayati 馃檪

=====

Pernah ada anak lelaki yang mempunyai watak buruk. Anak lelaki ini sangat mudah marah dan melimpahkan kekesalannya pada orang-orang disekitarnya. Menghadapi hal ini, ayahnya memberi dia sekantung penuh paku dan sebuah palu, dan menyuruhnya memaku satu batang paku di pagar pekarangan setiap kali dia kehilangan kesabarannya atau berselisih paham dengan orang lain.

Continue reading “Paku di Pagar : Kisah Ayah yang Bijak dan Anak yang Pemarah”

Video Klip Fasilkom Unsri

Hello, guys!

Tonight, I want to share my last success project, alhamdulillah. This is my Multimedia class project and I can’t finish it without my friends help, thank you for Eris, Angga, Hafis, Andre, Bimo, etc. And especially for Mr. Yoppy Sazaky, thank you so much for your guidance.

This video tells the story about the alumni of Computer Science Faculty who remember all of his memory when he was still a student. Alright, let’s watch it! 馃檪

If you like this video, kindly please give us your thumb, and help us to share this video to your friends. 馃檪

Actually there’s so many things that I want to write here, in this blog. But, I kinda often lose my writing mood -_-
Thanks for visiting, please see this blog again in next chance.

Regards,

Arief Rahmansyah