Tentang Kulminasi

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahas Indonesia), kulminasi adalah :

kul·mi·na·si n 1 puncak tertinggi; tingkatan tertinggi; 2 titik tertinggi yg dicapai suatu benda langit dl peredaran (semunya) mengelilingi bumi (spt matahari mencapai titik kulminasi pukul 12.00);
atas titik tertinggi yg dapat dicapai oleh benda ruang angkasa;
bawah titik terendah yg dapat dicapai oleh benda ruang angkasa

Menurut KHAR (Kamus Hidup Arief Rahmansyah), kulminasi adalah :

kul·mi·na·si n 1 suatu keadaan dimana seorang Arief Rahmansyah berada pada titik jenuh (titik bosan);

Yap, sekarang saya sedang kulminasi.

Pertama kali mendengar istilah kulminasi ketika pelajaran Kimia pas SMA (kalo gak salah sih pas kelas 2, belajar tentang zat-zat gitu.. kalo gak salah :v). Tapi mulai dekatnya dengan si kulminasi setelah kuliah, setelah bertemu dengan Pak A, dosen Teknik Informatika. Beliau menyebutkan bahwa akan ada masa seorang programmer mengalami kulminasi. Kulminasi ngoding. And, he’s right.

Hampir setiap sebulan sekali saya mengalami kulminasi, seperti kulminasi nulis blog (kadang sampe berbulan-bulan), kulminasi ngerjain tugas (jadinya nungguin deadline, bahkan kadang-kadang ‘minta referensi’ dari teman wkwk), dan yang paling sering, yap, kulminasi ngoding. Pada masa kulminasi ngoding, saya males banget ngoding dan bakalan jarang banget nyelesain project kodingan yang gue mulai.

Sebenernya siklus kulminasi gue kayak gini : Semangat ngoding sampe selesai – Kulminasi ngoding – Semangat ngoding sampe selesai – Kulminasi ngoding – Semangat ngoding sampe selesai – (gitu terus muter-muter). Kulminasi ngoding nih bisa dibilang istirahat ngoding. Tapi seringnya pas kulminasi ngoding, gue ikutan males ngerjain hal-hal lain.

Oke, postingan kali ini sangat gaje. Sebenernya mau nulis bagaimana cara menghadapi dan mengalahkan kulminasi, tapi saya sendiri pun masih sulit menghadapi si kulminasi ini. Seringnya sih hilang sendiri hahahahahaa

Sudah ya, saya mau tidur -_-

Doain kulminasi kali ini cepat selesai. Banyak hal yang harus saya kerjakan dan selesaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s