Mengupload Aplikasi ke Windows Store

Akhirnya! Sampailah juga kita pada tahap terakhir dari tutorial kali ini yaitu mengupload aplikasi ke store. Tahap ini merupakan yang paling mengesankan, mengetahui bahwa aplikasi kita nanti akan dilihat dan digunakan oleh banyak orang. Namun kita harus memastikan bahwa aplikasi kita sudah benar-benar layak dan siap untuk memastikan bahwa aplikasi kita lolos sertifikasi dan quality assurance di Windows Store.
Langkah 1 : Reservasi Nama Aplikasi
Sebelum file aplikasi kita upload, sebelumnya kita diperlukan untuk mereservasi nama aplikasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa nama aplikasi yang kita inginkan belum digunakan oleh orang lain.
  1. Buka halaman Dashboard pada akun Windows Store.
  2. Pada bagian kiri layar klik submit an app lalu kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
  3. Kemudian klik App name dan isi nama aplikasi yang diinginkan. Disarankan bahwa nama aplikasi yang diinginkan adalah diisi sama dengan Display Name yang ada pada manifest aplikasi kita. Jika tidak maka kita perlu melakukan asosiasi nantinya (dijelaskan pada langkah 2).
  4. Terakhir klik Reserve app name, jika berhasil maka akan muncul pesan yang memberitahukan bahwa proses reservasi nama berhasil namun jika nama sudah digunakan orang lain atau tidak sesuai dengan kaidah penamaan (misalnya menggunakan simbol) maka akan muncul pesan error. 
Langkah 2 : Asosiasi Aplikasi
  1. Open kembali file project game yang sebelumnya telah dikerjakan pada Visual Studio 2012.
  2. Pada menu bar klik Store > Associate app with the store.
  3. Klik Sign In lalu kemudian login dengan menggunakan akun Windows Store.
  4. Setelah itu klik nama aplikasi yang telah direservasi sebelumnya.
Langkah 3 : Sertifikasi dan Pembuatan Package

  1. Sebelum membuat package untuk diupload ke store, pastikan mode Solution Configuration sudah diubah dari mode Debug  menjadi mode Release. 
  2. Pada menu bar Visual Studio 2012, klik Store > Create App Packages.
  3. Kemudian pada pertanyaan “Do you want to build packages to upload to the Windows Store?” pilih jawaban Yes dan kemudian Sign In dan login dengan akun Windows Store.
  4. Pada Output Location pilih direktori tempat hasil file aplikasi yang telah disertifikasi akan disimpan. Secara default file akan disimpan pada folder “/AppPackages/” pada direktori yang sama dengan tempat project .sln. Kemudian isi kolom Version dengan 1.0.0.0 dan untuk pilihan Architecture pilih Neutral dan terakhir klik tombol Create.
  5. Setelah itu VS 2012 akan membuild ulang project yg sedang dikerjakan, jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini. Kemudian klik Launch Windows App 
    Certification kit.
    Jika terdapat window yang meminta untuk melakukan update WACK pastikan untuk melakukan hal tersebut terlebih dahulu, karena jika versi WACK yang ada pada komputer kita obsolete maka dapat dipastikan aplikasi kita nanti akan tidak lolos quality assurance di store.
  6. Setelah itu WACK akan mulai melakukan proses sertifikasi aplikasi. Pada tahap ini komputer akan menginstall, membuka, dan menutup aplikasi yang sedang dikerjakan secara otomatis, untuk saat ini disarankan untuk tidak melakukan interaksi apapun dengan komputer terutama dengan aplikasi yang sedang dijalankan oleh WACK.
  7. Jika proses sertifikasi berhasil maka akan muncul window yang memberitahukan bahwa aplikasi kita berhasil lolos uji WACK (PASSED). Namun jika tidak, klik tulisan Click here to view the results untuk melihat laporan mengenai kesalahan-kesalahan apa saja yang masih perlu diperbaiki pada aplikasi kita berserta petunjuk untuk memperbaikinya.
Langkah 4 : Mengupload Package ke Store & Mengisi Informasi Aplikasi
  1. Buka kembali halaman  Dashboard pada akun Windows Store.
  2. Pada bagian App in progress, klik Edit pada nama aplikasi yang sedang kita kerjakan sebelumnya untuk melanjutkan proses pengisian informasi app submission.
    Selanjutnya kita akan melengkapi informasi Selling Details, Services, Age rating and rating certificates, dan Cryptography.
  3. Untuk bagian Selling Details lakukan hal berikut :
    – Pilih opsi Free untuk Price Tier
    – Centang seluruh negara yang available kecuali negara-negara berikut : China, South Africa, Brazil, dan Korea.|
    – Pilih opsi Release my app as soon as it passes certification untuk Release date

    – – 

    – Pilih tidak centang untuk pilihan Accesibility
  4. Untuk bagian Services, karena kita belum mengimplementasi bentuk services apapun pada aplikasi game ini maka untuk sementara abaikan bagian ini.
  5. Untuk bagian Age rating and rating certificates pilih 3+ Suitable for Young Childrenuntuk game Roach Raid ini.
  6. Untuk bagian Cryptography lakukan hal berikut :
    – Pilih opsi No untuk pertanyaan “Does this app call, support, contain, or use cryptography or encryption?”
    – Centang pernyataan “I confirm that this app is widely distributable to all jurisdictions without government review, approval, license or technology-based restriction.”
     

  7. Setelah ini kita akan memasuki bagian Packages dimana kita akan mengupload file aplikasi yang ingi dipublish ke store.
    Klik browse file kemudian cari file aplikasi game berekstensi .appxupload yang telah disertifikasi oleh WACK sebelumnya.
  8. Kemudian lengkapi informasi aplikasi pada bagian Description, jangan lupa untuk menyertakan screenshot aplikasi yang berukuran 1366×768 berekstensi .png minimal 1 buah. Sangat disarankan untuk mengambil screenshot melalui Simulator VS 2012.
  9. Bagian Note to Tester ditujukan untuk melampirkan pesan bagi para tester yang akan melakukan quality assurance. Untuk saat ini abaikan bagian tersebut.
  10. Setelah seluruh bagian telah terisi cek kembali bahwa data yang diisikan sudah benar. Jika sudah yakin maka terakhir klik tombol Submit for Certification.
Selamat anda telah berhasil mensubmit sebuah aplikasi ke Windows Store! Dalam jangka waktu paling lama 5 hari, kalian akan mendapatkan hasil apakah aplikasi anda lolos uji QA atau tidak. Jika berhasil, maka secara otomatis aplikasi anda akan dilist pada store beberapa jam setelah aplikasi tersebut published. Setelah itu anda berserta banyak orang dari seluruh dunia dapat melihat aplikasi anda terpapar pada halaman Windows Store! 🙂

Sumber : Tutorial #10 : Mengupload Aplikasi ke Store

2 thoughts on “Mengupload Aplikasi ke Windows Store

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s