Pengenalan Interface Construct 2 (Part I)

Construct 2 merupakan sebuah game editor berbasis teknologi HTML5 yang sebenarnya lebih ditujukan kepada non-programmer agar dapat membuat game dengan sangat mudah melalui fitur drag-and-drop dan behaviour-based logic system. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang Construct 2, kamu dapat membacanya di postingan saya sebelumnya, Construct 2 – Buat Game Tanpa Ngoding.

Pada postingan kali ini, saya akan memperkenalkan fitur-fitur yang terdapat pada antarmuka Construct 2.

tampilan awal construct
Tampilan awal Construct 2

Berbeda dengan game engine lainnya, Construct 2 langsung memberikan kesan mudah digunakan sejak pertama kali dijalankan. Dengan fitur interface ribbon seperti yang dimiliki oleh keluarga Microsoft Office 2007 ke atas, Construct 2 tidak akan mengintimidasai pengguna, khususnya pengguna pemula yang baru akan belajar membuat game.

Start Page

Start Page Construct 2
Start Page Construct 2

Start Page adalah halaman yang pertama kali muncul setelah kita menjalankan Construct 2. Start page berisi perintah-perintah untuk membuat dan membuka project yang ada di harddisk, membuka project terbaru yang sedang dikerjakan, membuka project contoh, serta link untuk manual, tutorial, dan lain-lain.

Interface

Area kerja Construct 2

Antar muka Construct 2 secara umum terbagi menjadi dua, yaitu layout/event view dan bar-bar pendukung project. Untuk penjelasan lebih rinci tentang antar muka Construct 2 lanjut scroll ke bawah 🙂

1. File Menu dan Ribbon Tabs

topleftbuttonsConstruct 2 menggunakan interface ribbon, seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Tombol biru dengan panah drop-down adalah File menu, dan ke kanan selanjutnya adalah tombol ribbon yang akan memunculkan ribbon bar berisi menu-menu sesuai kategorinya.

Terdapat juga quick-access toolbar yang berisi 4 tombol perintah yang umum digunakan : Save, Undo, Redo dan Preview. Kamu bisa menambah dan menghapus tombol tersebut dengan mengklik tombol panah di sebelahnya.

1.1. File Menu

filemenuFile menu dapat diakses dengan mengklik tombol biru di sudut kiri atas ribbon. Recent Projects pada sebelah kanannya adalah daftar project terbaru yang kita buka.

  • New : Membuka dialog Create New Project unntuk membuat project baru.
  • Open : Membuka project yang terdapat di disk komputer kita.
  • Save : Menyimpan project yang sedang kita kerjakan ke harddisk.
  • Save As Project : Menyimpan project beserta assetnya dalam suatu folder.
  • Save As Single File : Menyimpan project menjadi satu file berekstensi .capx.
  • Export project : Mengekspor game kita ke platform yang diinginkan.
  • Close Tab : Menutup tab yang sedang dibuka.
  • Close Project : Menutup project yang sedang dibuka.

Di bawah File menu juga terdapat 4 tombol tambahan :

  • Help : Membuka manual Construct.
  • About : Membuka dialog About yang berisi infomasi tentang versi Construct 2, dan lain-lain.
  • Preferences : Membuka dialog Preferences unuk pengaturan Construct 2.
  • Exit : Menutup Construct 2.

1.2. Ribbon

Secara default, ribbon tersembunyi hingga kita mengklik salah satu tab ribbon. Kita bisa mengatur agar ribbon tampil secara permanen dengan mengklik pin button di sudut kanan atas layar. Keyboard shortcuts dapat ditemukan dengan mendekatkan mouse ke tombol pada ribbon atau dengan mengklik tombol Alt.

The Home tab

ribbonhomeHome tab berisi fungsi-fungsi standar software pada umunya, seperti Cut, Copy, Paste, Undo dan Redo. Tombol Delete, Select All, dan Select None memberikan pengaruh pada Layout View atau Event Sheet View yang sedang aktif. Bagian Preview berisi tombol untuk preview project dan tombol untuk ekspor game kita ke platform yang diinginkan.

The View tab

ribbonviewBagian Bars berisi pengaturan untuk menampilkan berbagai bar antarmuka pada Construct 2. Bagian Zoom untuk memperbesar atau memperkecil Layout View maupun Event Sheet. Bagian Layout Grid hanya akan aktif ketika Layout View juga aktif. Dengan mengaktifkan Snap to Grid, objek yang kita gerakan dan pindahkan akan terikat ke grid yang telah kita atur. Theme mengizinkan kita untuk memilih style visual untuk antar muka Construct 2 kita.

The Events tab

ribboneventsTab Events hanya akan aktif ketika kita bekerja pada Event Sheet View. Jika Layout View yang sedang terbuka, semua tombol pada Tab Events tidak akan aktif. Pada tab ini terdapat button-button untuk mendukung pembuatan event game kita.

2. Layout View dan Event Sheet View

2.1. Layout View

Layout View adalah visual editor tempat kita meletakkan objek untuk mendesain game kita, level, menu screen, dan lainnya.

layoutview2.2. Event Sheet View

eventsheetviewEvent Sheet View adalah tempat dimana event-event ditambahkan, dilihat, dan di-edit dalam tampilan event sheet menggunakan sistem event tanpa-pemrograman Construct 2.

Diagram Event

eventdiagram

Events are made up of three major sections: Events terdiri dari 3 bagian utama, yaitu :

  1. Event Block yang berisi kondisi. Margin di sebelah kiri kondisi adalah untuk memilih sebuah event event.
  2. Kondisi, berisi syarat-syarat untuk menajalankan aksi dari sebuah event.
  3. Aksi, berisi hal-hal yang akan dilakukan selanjutnya.

3. View Tabs

viewtabsView Tabs berguna untuk berpindah antara layout view dan event sheet view. 

bersambung ke Part II… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s